Matematika dan Tukang Nggame

belajar-matematikaWah… kalau terlalu konsen sama kontes “Tukang Nggame“, bisa-bisa saya lupa belajar nih… Untuk menanggulangi hal itu, maka sebaiknya saya nembak keyword sambil belajar matematika ah. Hehehe…

Pelajaran kali ini adalah tentang logika matematika. Misal ada pernyataan seperti ini:

p: Saya adalah seorang tukang nggame.

q: Saya seorang pemalas.

Perintahnya, buatlah kalimat majemuk dari 2 pernyataan di atas!

a. ~p

b. ~q

c. p => q

d. q => p

e. ~p => ~q

f. ~q => ~p

Jawabannya…

a. Negasi dari pernyataan p adalah: Tidaklah benar bahwa saya adalah seorang tukang nggame.

b. Negasi dari pernyataan q adalah: Saya bukan seorang pemalas. Atau tidaklah benar bahwa saya seorang pemalas.

c. Pernyataan p diimplikasikan ke pernyataan q, maka: Jika saya adalah seorang tukang nggame, maka saya seorang pemalas.

d. Soal d ini namanya konvers. Konvers dari implikasi p => q adalah q => p. Jika didefinisikan dalam kalimat majemuk menjadi: Jika saya seorang pemalas, maka saya adalah seorang tukang nggame.

e. Kalau soal yang e ini namanya invers. Kalimat majemuknya adalah: Jika saya bukanlah seorang tukang nggame, maka saya bukanlah seorang pemalas.

f. Dan yang terakhir ini namanya kontraposisi. Kalimat majemuknya: Jika saya bukanlah seorang pemalas, maka saya bukan seorang tukang nggame.

Hehehe.. mudah bukan??? Belajar matematika memanglah mudah. Kuncinya, kita harus menyukai dulu pelajaran ini. Well, sekian dulu. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ™‚

Jangan lupa dukung saya dalam kontes SEO Tukang Nggame ya! ๐Ÿ˜€

5 responses to “Matematika dan Tukang Nggame

  1. ck ck ck lah orang username nya sama smw tukang nnnnnggame.. wes pokok mampir lah diriku wkwkwkkw

  2. waah… kamu pasti kelas X SMA ya??

    salam kenal!!! aku juga blogger SMA

    Jangan lupa berkunjung ya!!!

  3. sudah lupa pelajaran matematika, padahal dulu aku suka banget ….

Leave a Reply

